ekspor | impor | perijinan | global trade

Subscribe:

Jawab : COO B

TANYA :
Nama Anda: Martini
Alamat email Anda: martini_lims@yahoo.com.sg
Judul pesan: COO form B
Isi pesan: Hi Mas,

Saya mau tanya tentang COO form B. Apa saja documen yang di perlukan untuk applt Form B. Saya dapat info, bahwa documentnya sama dengan apply COO form A/D, bedanya hanya tidak di butuhkan struktur biaya, apakah itu benar? Kalo benar, berdasarkan apa bisa buktikan product tersebut asal Indonesia jika tanpa struktur biaya.

Thank you sebelumnya.

Visitor Ip: 203.125.240.166




JAWAB :
Mbak Martini, Untuk membuktikan sebuah produk asal Indonesia, ya tunjukkan saja ada COO nya (Certificate Of Origin) atau sering disebut SKA Surat Keterangan Asal. Jadi ada COO/SKA pasti produk asal Indonesia.
Karena saya di Semarang maka saya contohkan yang di Semarang / Jawa Tengah, untuk pembuatan dokumenya lampirkan B/L (Bill of Lading), PE (persetujuan ekspor), Invoice, Packing list.
Jangan lupa draft COO yang sudah benar di copy ke media_storage (flashdisk, MMC Card, disket dsb)untuk diupload di dinas perdagangan setempat.
Ya, untuk form B tidak perlu ada struktur beaya. Karena form B bukan merupakan dokumen preferensi, sifatnya hanya dokumen penyertaan asal-usul barang dan tidak mempengaruhi kebijakan / pengurangan / adanya fasilitas yang didapat di negara tujuan. Fungsi hanya menunjukkan asal Indonesia.

Semoga membantu, mohon maaf bila ada kekurangannya.

0 komentar:

Posting Komentar