ekspor | impor | perijinan | global trade

Subscribe:

Jawab : Beli Sepatu dari China

Nama Anda: Laura
Alamat email Anda: ay_phy@yahoo.com
Judul pesan: Bisa tolong saya?
Isi pesan: Halo, bisakah Anda menolong saya?

Saya kemarin membeli barang dari China berupa sepatu sebanyak 14 pasang. ( ramai2 dengan teman ) Saya dikenai pajak sebesar 72.5% dan harus membayar sekitar 800rb an.. Apalgi juga dikenai biaya pajak barang mewah. Katanya untuk melindungi produk Indonesia.
Apakah ini benar?
Sampai sekarang barangnya masih di kantor pos, akrena saya belum punya uang untuk menebus.
--
Visitor Ip: 125.162.98.199


JAWAB :
Sepatu sebenarnya tidak boleh diimpor oleh importir bebas, kecuali importer yang memilki NPIK Sepatu. (Nomer Pokok Importir Khusus). Namun sepatu Anda termasuk barang hadiah, kiriman atau sumbangan itu juga ada aturan sendiri dan kelengkapan/ pembuktian yang menyertainya.
Mengenai barang mewah memang bea cukai mempunyai perkiraan / taksiran bahwa barang tersebut termasuk mewah atau bukan, itupun harus diselidi barangnya dan harga barang tersebut. Semisal sepatu akan mewah bila harga sepasang mencapai 1.000.000, atau dengan spesifikasi khusus. Tarifnyapun sepengatahuan saya paling rendah 10% dan paling tinggi 50% (mohon ditanyakan peraturannya ke Bea Cukai, Anda harus mendapatkannya). Sebagai bahan bantuan sepatu yang terkena PPnBM adalah dengan kode HS (kode barang : 6403.12.00.00) dengan tarip 40%. Mengenai hal ini produk suatu saat dapat dikategorikan mewah dan disaat nanti tidak lagi dan sebaliknya. Kalau untuk melindungi produsen Indonesia memang itu tugas dari Pemerintahan.
Begitu yang saya ketahui. Saya harapkan bisa menanyakan kepada Bea Cukai tentang apa saja (sepatu) yang dikategorikan barang mewah dan peraturannya yang mana. Semoga membantu mohon maaf bila ada kekurangannya..

0 komentar:

Posting Komentar